Tips Solo Traveling Aman Untuk Para Wanita

6 November 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Beberapa bulan lagi kita sudah masuk di akhir tahun 2023. Mungkin artikel ini bisa menjadi inspirasi buat kamu nantinya. Halo teman Yamin! sebagian orang beranggapan kalau traveling sendiri itu penuh risiko, apalagi kalau wanita yang solo traveling.


Meskipun demikian, jangan biarkan hal itu menghalangi untuk mengeksplorasi dunia. Dengan persiapan dan kewaspadaan ekstra, kamu bisa menikmati petualangan dengan aman meskipun hanya solo traveling.


Tips Perjalanan Solo Traveling Yang Aman Untuk Wanita


1. Buat Rencana dan Pakai Insting


Perencanaan matang adalah kunci. Pelajari rute dan transportasi umum, cari tahu jam buka tutup tempat wisata, dan tentukan budget. Bawa peta dan buku panduan jika kamu membutuhkannya. Percayalah pada instingmu. Jika merasa tidak nyaman dengan lingkungan atau orang-orang di sekitar kamu, segera pindah lokasi.


2. Pakaian dan Barang Bawaan


Kenakan pakaian sopan yang tidak menarik perhatian. Jangan lupa membawa dompet, ponsel, charger, pisau lipat (digunakan dalam keadaan darurat), botol air, tisu, lampu senter, kotak P3K, dan barang pribadi lainnya.


3. Berbaur dengan Keramaian


Hindari tempat sepi dan jalan pintas. Tetap berada di area keramaian seperti restoran, kafe, pusat perbelanjaan atau objek wisata populer. Disarankan duduk di dekat jendela saat di restoran atau angkutan umum agar mudah memantau situasi di luar.


4. Waspadai Sekeliling Kamu


Perhatikan lingkungan dan orang di sekitarmu. Awasi barang bawaan dan jangan mudah tertipu tawaran mencurigakan. Jika merasa tidak aman, segera pindah atau minta bantuan petugas keamanan.


5. Berteman dengan Warga Lokal


Berusahalah berbaur dengan warga lokal. Ajak ngobrol pedagang kaki lima atau warga sekitar. Mereka bisa memberi informasi berguna soal tempat yang aman atau hal lain untuk dihindari. Bersikaplah ramah dan sopan, agar kamu bisa berbaur dengan warga lokal tersebut.


Pilihan Destinasi Yang Aman


Beberapa destinasi yang aman untuk traveling sendiri sebagai wanita adalah:


1. Singapura


Singapura adalah negara yang sangat aman dan bersih. Infrastruktur yang baik, transportasi mudah diakses, dan minimnya kejahatan jalanan membuat Singapura menjadi pilihan yang tepat untuk solo traveling. Kamu bisa menikmati keindahan Gardens by the Bay, Universal Studios Singapore, dan Merlion jika kamu solo traveling ke Singapura.


2. Bali, Indonesia


Pulau Dewata ini ramah untuk wanita traveling sendirian. Kamu bisa menikmati keindahan alam di Bali seperti pantai-pantai indah, sawah, gunung dan candi di Bali. Tetap waspada dengan barang-barang berharga mu di tempat ramai seperti Kuta dan Ubud. Di daerah Uluwatu dan Ubud, Bali daerah yang bisa kamu pilih jika ingin lebih tenang dan bersantai.


3. Chiang Mai, Thailand


Chiang Mai adalah kota di utara Thailand yang tenang dan budget-friendly. Nikmati alam, kuil, dan makanan lezat di sina. Kota ini memiliki infrastruktur bagus dan transportasi mudah diakses seperti bus, kereta, dan pesawat. Tetap berhati-hati jika berkendara sendiri karena lalu lintas di Thailand sedikit kacau.


Tips Berkendara Aman Saat Solo Traveling


Ketika bepergian sendirian, keselamatan adalah prioritas utama. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap aman saat mengemudi sendirian:


A. Pastikan kendaraan kamu siap untuk perjalanan


Sebelum berangkat, periksalah bahan bakar, tekanan ban, dan sistem pendingin kendaraan. Untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik dan mencegah terjadinya potensi masalah di tengah jalan yang dapat membahayakan keselamatan kamu.


B. Beritahu seseorang tentang rencana perjalanan kamu


Beri tahu anggota keluarga atau teman tentang rute dan jadwal perjalanan kamu sehingga mereka tahu kapan harus mencari bantuan jika kamu tidak tiba di tujuan tepat waktu atau tidak bisa dihubungi.


C. Jangan berhenti untuk orang asing


Jangan berhenti untuk orang asing yang meminta tumpangan atau bantuan, bahkan jika mereka tampak membutuhkan bantuan. Lanjutkan perjalanan kamu dan segera hubungi 911 untuk melaporkan keadaan darurat apa pun.


D. Tetap waspada di tempat istirahat


Saat berhenti untuk makan atau istirahat, parkir di area yang terang dan ramai. Kunci pintu mobil kamu, bawa barang-barang berharga dan tetap waspada terhadap keadaan sekitar.


E. Percayai insting


Jika merasa tidak nyaman dengan seseorang atau situasi, percayalah pada insting kamu. Tinggalkan area tersebut dan segera cari tempat keramaian. Keselamatan kamu adalah prioritas utama.


Dengan memperhatikan tips ini dan tetap waspada, kamu dapat menikmati petualangan sendirian dengan tenang. Percayalah pada insting kamu dan jangan ragu untuk mencari bantuan jika merasa tidak aman. Selamat berpetualang dan hati-hati di jalan!


Investasi Reksa Dana Untuk Dana Perjalanan Tambahan


Untuk mendapatkan uang tambahan untuk perjalanan, investasi reksa dana bisa menjadi pilihan yang baik. Kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana dengan langkah mudah seperti dibawah ini.


1. Pilih reksa dana yang sesuai profil risiko kamu


Pilih reksa dana yang sesuai dengan profil risiko kamu, apakah agresif, moderat atau konservatif. Semakin agresif, potensi keuntungan lebih besar tapi risiko kerugian juga lebih tinggi. Sesuaikan tujuan finansial dan risiko profil investasimu sebelum membeli reksa dana.


2. Lakukan pembelian reksa dana secara berkala


Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan pembelian reksa dana secara rutin, misalnya setiap bulan. Hal ini disebut cost averaging, dimana kamu membeli reksa dana secara rutin dengan harga yang sama, strategi ini cocok digunakan untuk pemula, karena bisa mengurangi risiko fluktuasi.


3. Pantau kinerja reksa dana secara berkala


Pantau kinerja reksa dana yang kamu miliki secara berkala. Periksa apakah reksa dana tersebut masih sesuai profil risiko kamu dan apakah masih memberikan kinerja yang baik dibanding reksa dana sejenis. Jika tidak, kamu bisa mengalihkan dananya ke reksa dana lain yang lebih baik.


Dengan berinvestasi reksa dana secara disiplin dan jangka panjang, potensi mencapai tujuan finansial di masa depan semakin dekat. Kamu bisa download aplikasi SayaKaya di AppStore atau PlayStore untuk memulai investasi reksa dana, dan banyak informasi lain yang terkait mengenai perkembangan investasi yang bisa kamu ikuti setiap harinya.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 3 November 2023

Penasaran dengan Kinerja Reksa Dana? Kenalkan Treynor Ratio

Halo teman Yamin! Mungkin beberapa waktu lalu kamu telah membaca artikel dari SayaKaya yang bercerita tentang bagaimana cara menganalisis reksa dana melalui pengukuran sharpe ratio.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 2 November 2023

Efek Stress Terhadap Kesehatan Kamu, Kelola Stress Dengan Cara Ini

Halo teman Yamin! Kamu pasti sering merasakan stres dalam kehidupan sehari-hari kan? Stres itu wajar dan bahkan berguna tapi dalam dosis kecil ya. Terlalu banyak stres juga bisa berdampak buruk pada kesehatanmu.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 1 November 2023

APBN September 2023 Surplus - Market Outlook 1 November 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +62212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.