Mixed Global PMI: Lead Time or Down Time?

6 Desember 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Sela­ma pan­de­mi COVID-19, kebi­jakan fiskal dan mon­eter men­ja­di sum­ber daya untuk men­dorong per­tum­buhan ekono­mi di mas­ing-mas­ing negara. Con­tohnya saja di Indone­sia, pur­chas­ing man­agers’ index (PMI) man­u­fak­tur Indone­sia berekspan­si sela­ma 14 bulan. Namun, Menteri Keuan­gan Sri Mulyani mem­bawa kabar kurang baik, yaitu ter­jadinya kon­trak­si pada PMI man­u­fak­tur Indone­sia sela­ma 2 bulan ter­akhir men­ja­di 51,8. Pada­hal, kap­a­sitas pro­duk­si di sek­tor man­u­fak­tur telah melebi­hi lev­el sebelum pan­de­mi. Suk­ses men­catat per­tum­buhan sela­ma 14 kali secara bulanan, men­ga­pa PMI man­u­fak­tur Indone­sia tiba-tiba gagal dalam menc­etak rekor tambahan? 


Fak­ta di lapan­gan, kebi­jakan ekspan­sif untuk men­dorong per­mintaan dilengkapi den­gan gejo­lak geopoli­tik RUS-UKR menye­babkan tingginya inflasi telah men­dorong selu­ruh pol­i­cy mak­ers untuk mengam­bil defen­sive approach dalam melawan keti­dak­pas­t­ian ekono­mi glob­al. Kenaikan suku bun­ga untuk melawan inflasi nyatanya bertu­juan untuk meng­ham­bat tingkat per­mintaan untuk men­sta­bilkan ekono­mi. Tak hanya Indone­sia, AS juga men­gala­mi kon­disi yang seru­pa den­gan terkon­traksinya aktiv­i­tas bis­nis sela­ma 5 bulan bertu­rut-turut. Namun, India berhasil men­catatkan per­tum­buhan pada PMI man­u­fak­turnya dan berop­ti­mis dalam men­gala­mi kenaikan vol­ume pro­duk­si. Mengiku­ti jejak India, Jer­man seba­gai negara den­gan aktiv­i­tas man­u­fak­tur terbe­sar di Eropa men­catatkan kin­er­ja posi­tif sejak mele­tus­nya perang RUS-UKR. Kawasan Eropa juga berhasil men­catat prestasi yang seru­pa. Den­gan adanya ris­ing star dan fad­ing star, apa yang men­ja­di insight dari fak­ta yang diverse ini?


PMI men­ja­di salah satu coin­ci­dent indi­ca­tor dalam meni­lai prospek perekono­mi­an dan kon­disi negara, dimana den­gan nilai indeks diatas 50 menan­dakan ekspan­si man­u­fak­tur, sedan­gkan dibawah 50 menan­dakan kon­trak­si man­u­fak­tur. Sehing­ga, Indone­sia ‘dap­at dikatakan’ men­gala­mi slow­down yang kecil, mengin­gat kon­disi ekono­mi glob­al saat ini masih penuh den­gan keti­dak­pas­t­ian. Dis­isi lain, kita juga per­lu mem­per­tim­bangkan indika­tor dan kon­disi ekono­mi lain­nya dalam berin­ves­tasi. Mengin­gat bah­wa saat ini suku bun­ga masih akan cen­derung meningkat, maka fixed income dan mon­ey mar­ket cen­derung lebih baik diband­ingkan instru­men saham.


Dis­claimer: Anal­i­sis yang terkan­dung dalam artikel ini men­gan­dung opi­ni yang bersi­fat sub­jek­tif. Kepu­tu­san dan hasil dari inves­tasi meru­pakan risiko dan tang­gung jawab dari mas­ing-mas­ing investor.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 2 Desember 2022

Market Research 02 Desember 2022: Global Uncertainty

Keti­dak­pas­t­ian kon­disi glob­al masih men­ja­di isu panas pada saat ini, den­gan berba­gai fak­tor yang dap­at berkon­tribusi dalam men­dorong atau meng­ham­bat prob­a­bil­i­tas resesi ter­ja­di baik di Indone­sia, negara berkem­bang, maupun negara maju. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik dan global.

Baca Selengkapnya
thumbnail
CEO Insight 2 Desember 2022

Jessica Berbicara

Per­mintaan Tumpah-Tumpah!

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 26 November 2022

Market Research 26 November 2022: Akan Ada Apa di Ekonomi 2023?

Pada saat ini, ter­da­p­at kemu­ngk­i­nan ter­jadinya resesi di berba­gai negara den­gan tingginya tingkat inflasi, dan BI masih pada posisi untuk cen­derung menaikkan suku bun­ga untuk men­gatasi inflasi dan men­ja­ga sta­bil­i­tas nilai tukar Rupiah:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +62212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.