6 Tahap yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Beli Reksa Dana

28 Desember 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Investasi merupakan salah satu cara yang cerdas untuk membangun kekayaan di masa depan, dan salah satu instrumen investasi yang semakin populer di Indonesia adalah reksa dana.


Bagi kamu calon investor reksa dana, langkah-langkah yang benar sebelum membeli reksa dana sangat penting untuk meminimalkan risiko dan maksimalkan potensi keuntungan. Berikut adalah enam tahap yang perlu kamu lakukan sebelum memasuki dunia investasi reksa dana:


1. Tentukan Tujuan Finansialmu


Sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam reksa dana, pahami dengan jelas tujuan finansialmu. Apakah kamu berinvestasi untuk pensiun, membeli rumah, atau sekadar menambah dana darurat?


Tujuan investasi yang spesifik akan membantu kamu menentukan jenis reksa dana yang paling sesuai.


2. Pahami Risiko Profil Investasimu


Tingkat risiko yang dapat kamu toleransi bisa memengaruhi pilihan reksa danamu. Bila kamu memiliki toleransi tingkat risiko yang rendah (konservatif), mungkin lebih baik memilih reksa dana dengan portofolio yang pergerakannya lebih stabil dan kurang volatil. Sebaliknya, jika kamu bersedia mengambil risiko yang lebih tinggi (agresif), reksa dana dengan fokus pada pertumbuhan kapital mungkin lebih sesuai.


Kemudian bila kamu bersedia mengambil serta menerima tingkat risiko yang menengah (moderate), reksa dana dengan fokus pertumbuhan kapital dan pergerakannya cukup stabil bisa menjadi pilihan.


3. Riset Produk Reksa Dana


Lakukan riset tentang produk reksa dana yang ingin kamu investasikan. Tinjau kinerja historisnya, biaya-biaya terkait, dan strategi investasinya. Perhatikan juga manajer investasi yang mengelolanya dan bagaimana kinerja reksa dana tersebut dalam kondisi pasar yang berbeda. Informasi ini akan membantu kamu membuat keputusan yang lebih terinformasi.


Di aplikasi SayaKaya, kamu dapat menemukan lebih dari 50 produk reksa dana yang ada. Selain itu di kamu bisa memilih 8 Manajer Investasi yang telah bekerjasama.


4. Tentukan Jangka Waktu Investasi


Reksa dana cocok untuk berbagai jangka waktu investasi. Sebelum membeli, tentukan berapa lama kamu berencana untuk berinvestasi.


Jika tujuanmu adalah jangka pendek, mungkin lebih baik memilih reksa dana pasar uang yang biasanya diinvestasikan dalam jangka waktu kurang dari satu (1) tahun. Namun, jika tujuanmu adalah jangka panjang, reksa dana saham dapat menjadi pilihan yang lebih sesuai.


Tetapi yang pertama harus kamu lakukan adalah tentukan tujuan finansialmu dan pahami risiko profil investasinya terlebih dahulu sebelum berinvestasi.


5. Diversifikasi Portofolio


Diversifikasi adalah strategi dalam mengurangi risiko investasi. Sebelum membeli reksa dana, pertimbangkan untuk mendiversifikasi portofolio investasimu. Pilih beberapa reksa dana dengan strategi dan aset yang berbeda untuk mencapai tingkat diversifikasi yang optimal.


6. Pantau dan Evaluasi Secara Berkala


Investasi bukanlah keputusan sekali jalan. Pantau kinerja reksa dana secara berkala dan evaluasi apakah investasimu masih sesuai dengan tujuan dan profil risikomu.


Jika diperlukan, lakukan penyesuaian portofolio untuk mengoptimalkan hasil investasimu. Dengan mengikuti enam tahap ini, kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki dunia investasi.


Ingatlah bahwa investasi selalu melibatkan risiko, dan pemahaman yang baik tentang produk investasi akan membantu kamu mengambil keputusan yang lebih bijak dan terinformasi.


Yuk investasi reksa dana sekarang di SayaKaya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 22 Desember 2023

5 Olahraga Ekstrem di Dunia! Berani Coba?

Halo teman Yamin! Kamu pernah dengar tentang olahraga ekstrim dunia yang paling gila dan menantang? Olahraga-olahraga ini bukan untuk orang yang penakut atau lemah jantung. Hanya orang-orang tertentu saja yang berani mencoba olahraga semacam ini. Sebagian besar dari kita mungkin hanya bisa menonton video-video mengerikan ini dari kenyamanan sofa kita.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 21 Desember 2023

Ekonomi RI Perlu Tumbuh Sebesar Ini untuk Jadi Negara Maju 2045 - Market Outlook 21 Desember 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 20 Desember 2023

Yuk Jelajahi Kuliner Bandung yang Beragam dan Lezat

Halo teman Yamin! Kamu tahu, kota Bandung ini punya banyak sekali pilihan makanan lezat yang bisa dicoba. Kamu akan dimanjakan dengan berbagai menu kuliner khas Sunda yang menggugah selera. Bandung juga terkenal dengan kawasan kuliner yang bisa kamu datangi untuk berburu makanan, seperti Dago, Braga, dan sebagainya.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +62212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.