Market Research 9 Desember 2022: Global Challenge

9 Desember 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Men­je­lang tahun poli­tik, Pres­i­den Jokowi menggen­car­kan inves­tasi PMDN untuk meningkatkan kolab­o­rasi antara investor besar den­gan UMKM kare­na PMN diproyek­sikan ter­ham­bat. Beber­a­pa negara bagian juga telah menun­jukkan ‘beri­ta bagus’. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik dan global.


Pemer­in­tah menye­di­akan sub­si­di untuk menyetrum per­tum­buhan indus­tri kendaraan listrik dan menekan sub­si­di bahan bakar. 


Geopoli­tik yang semakin ting­gi akan menye­babkan tertekan­nya har­ga komod­i­tas. Seba­liknya, per­tum­buhan ekono­mi Indone­sia yang diproyek­sikan berlan­jut di tahun 2023 dap­at men­ja­di katal­is bagi sek­tor kon­sumen den­gan meningkat­nya tingkat kon­sum­si domestik dan mobil­i­tas masyarakat, teruta­ma perusa­haan den­gan brand equi­ty dan com­pet­i­tive advan­tage yang kuat. 


Daya beli masyarakat dan per­putaran uang diperki­rakan meningkat mendekati tahun poli­tik, sehing­ga men­ja­di sen­ti­men posi­tif bagi kon­sum­si domestik. 


Inflasi Indone­sia adalah 5,42% pada bulan Novem­ber, men­gala­mi penu­runan secara YoY ser­ta lebih ren­dah diband­ingkan Eropa, AS, dan India. Inflasi berpoten­si men­gala­mi kenaikan pada akhir tahun aki­bat libur natal dan tahun baru. Bank Indone­sia juga akan men­er­ap­kan 1 kebi­jakan pro sta­bil­i­ty dan 4 kebi­jakan pro growth


Tingkat inflasi Eropa men­gala­mi per­lam­bat­an untuk per­ta­ma kalinya sela­ma 18 bulan ter­akhir. Hal ini men­ja­di insen­tif bagi Euro­pean Cen­tral Bank untuk mena­han laju kenaikan suku bunga.


Chair­man Fed Jerome Pow­ell meny­atakan bah­wa ‘memu­ngkinkan’ bagi Fed untuk mena­han laju kenaikan suku bun­ga. Berten­tan­gan, Elon Musk meni­lai kebi­jakan Fed menim­bulkan kege­lisa­han bagi investor dan menye­babkan resesi yang berpoten­si ter­ja­di akan mem­berikan dampak yang lebih signifikan.


Pasar tena­ga ker­ja AS masih dikat­e­gorikan kuat den­gan 263 ribu hir­ing dan tingkat pen­gang­gu­ran sebe­sar 3,7% walaupun adanya kenaikan suku bun­ga dan berba­gai lay­off di sek­tor teknolo­gi dan properti.


Chi­na mulai mel­ong­garkan kebi­jakan zero-covid menim­bang menu­run­nya kasus, meningkat­nya war­ga yang divaksin, dan kebi­asaan baru masyarakat Chi­na sela­ma men­jalani zero-covid. Masyarakat cen­derung menabung untuk meng­hadapi dinamis­nya atu­ran zero-covid dan per­tum­buhan ekono­mi lebih didorong oleh per­i­laku Gen Z. Pemuli­han ekono­mi Chi­na juga dap­at men­dorong per­tum­buhan ekono­mi di Indonesia.


ASEAN+3 men­ja­di sum­ber per­tum­buhan ekono­mi glob­al den­gan tran­sisi dari pusat aktiv­i­tas ekono­mi menu­ju ke Asia.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 9 Desember 2022

2022 Wrapped: What to expect in 2023?

Tidak terasa tahun 2022 akan segera berakhir dan tahun 2023 akan men­ja­di lem­baran baru. Tan­pa dis­adari, kita telah mele­wati berba­gai peri­s­ti­wa glob­al, mulai dari invasi Rusia ke Ukraina, kenaikan suku bun­ga Fed yang tert­ing­gi sela­ma 2 dekade ter­akhir pada bulan Mei, hing­ga Eropa yang mem­bu­tuhkan alter­natif sum­ber energi.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 6 Desember 2022

Mixed Global PMI: Lead Time or Down Time?

Sela­ma pan­de­mi COVID-19, kebi­jakan fiskal dan mon­eter men­ja­di sum­ber daya untuk men­dorong per­tum­buhan ekono­mi di mas­ing-mas­ing negara. Con­tohnya saja di Indone­sia, pur­chas­ing man­agers’ index (PMI) man­u­fak­tur Indone­sia berekspan­si sela­ma 14 bulan. Namun, Menteri Keuan­gan Sri Mulyani mem­bawa kabar kurang baik, yaitu ter­jadinya kon­trak­si pada PMI man­u­fak­tur Indone­sia sela­ma 2 bulan ter­akhir men­ja­di 51,8. Pada­hal, kap­a­sitas pro­duk­si di sek­tor man­u­fak­tur telah melebi­hi lev­el sebelum pan­de­mi. Suk­ses men­catat per­tum­buhan sela­ma 14 kali secara bulanan, men­ga­pa PMI man­u­fak­tur Indone­sia tiba-tiba gagal dalam menc­etak rekor tambahan? 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 2 Desember 2022

Market Research 02 Desember 2022: Global Uncertainty

Keti­dak­pas­t­ian kon­disi glob­al masih men­ja­di isu panas pada saat ini, den­gan berba­gai fak­tor yang dap­at berkon­tribusi dalam men­dorong atau meng­ham­bat prob­a­bil­i­tas resesi ter­ja­di baik di Indone­sia, negara berkem­bang, maupun negara maju. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik dan global.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +62212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.